AROMA PARFUM
TUGAS
ENTREPRENEURSHIP
Diajukan untuk memenuhi mata entrepreneurship
pada program Diploma Tiga (D.III)
Agus Sutiaji (12090207)
M.Luki Mukmin (12090221)
M.Habibullah (12090214)
Jaenal Akbar (12090213)
Achmad Nasrullah (12090255)
Riki Raharja (12090210)
Mery (12091688)
Jurusan Manajemen Informatika
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika
Tangerang
2011
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya,sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah entrepreneurship dengan baik. Dimana tugas ini penulis sajikan dalam bentuk buku yang sederhana. Adapun judul penulisan makalah entrepreneurship ini,yang penulis ambil adalah sebagai berikut :
”AROMA PARFUM”
Tujuan penulisan makalah entrepreneurship ini dibuat salah satu syarat kelulusan mata kuliah entrepreneurship Jurusan Menejemen Informatika (Amik BSI.). Penulis menyadari tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak,maka penulisan ini tidak akan lancar. Oleh karena itu,pada kesempatan ini izinkanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
- Ibu Ririn, selaku dosen Entrepreneurship.
- Kedua orangtua kami dan keluarga kami tercinta yang telah memberikan dukungan baik secara moral dan materil maupun spritual.
- Dan semua pihak yang turut membantu secara langsung dan tidak langsung yang tidak dapat disebutkan satu persatu tanpa mengurangi besar rasa terima kasih dan hormat saya.
Akhir kata penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pihak yang membantu meskipun penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penulis mohon saran dan kritik yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan di masa yang akan datang.
Akhir kata semoga penulisan makalah ini dapat berguna bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.
Atas perhatiannya penulis mengucapkan banyak terimakasih .
Tangerang, 6 Juni 2011
DAFTAR ISI
Hal
Lembar Judul Entrepreneurship………………………………………………………………… i
Kata Pengantar………………………………………………………………………………….. ii
BAB I. PENDAHULUAN
1.1. Nama Dan Alamat Pemilik………………………………………………………………………………………. 1
1.2. Informasi Bisnis Yang Dilakukan……………………………………………………………………………………. 2
BAB II. ANALISA INDUSTRI
2.1. Perspektif Masa Depan Industri…………………………………………………… 3
2.2. Analisa Persaingan………………………………………………………………….. 3
2.3. Segmentasi Pasar Yang Dimasuki…………………………………………………. 3
2.4. Ramalan – Ramalan Tentang Produk Yang Dihasilkan………………………….. 3
BAB III. DESKRIPSI TENTANG USAHA
3.1. Produk Yang Dihasilkan…………………………………………………………… 4
3.2. Jasa Pelayanan……………………………………………………………………… 4
3.3. Ruang Lingkup Bisnis……………………………………………………………….. 4
3.4. Latar Belakang Identitas Pengusaha……………………………………………….. 4
BAB IV. RENCANA PEMASARAN
4.1. Penetapan Harga…………………………………………………………………………………………….. 5
4.2. Penetapan Lokasi…………………………………………………………………………………………. 5
4.3. Pelaksanaan Distribusi………………………………………………………………………………………. 5
4.4. Pengembangan Produk………………………………………………………………………………………… 5
BAB V. PERENCANAAN ORGANISASI
5.1. Struktur Organisasi……………………………………………………………………………………….. 6
5.2. Informasi Tentang Partner……………………………………………………………………………………………. 6
5.3. Uraian Tentang Partner…………………………………………………………………………………………… 6
5.4. Evaluasi Tentang Kelemahan Bisnis………………………………………………………………………………. 7
BAB VI. PERENCANAAN MODAL USAHA
6.1. Harga Botol……………………………………………………………………………………………… 8
6.2. Harga Bibit Parfum………………………………………………………………………………………….. 8
6.3. Proyeksi Aliran Kas…………………………………………………………………………………………….. 8
6.4. Sumber – Sumber Pemodalan……………………………………………………………………………………… 9
BAB VII. PENUTUP
7.1. Kesimpulan…………………………………………………………………………………… 10
LAMPIRAN………………………………………………………………………………………… 11
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 NamadanAlamatPemilik
Nama : MuhamadHabibullah
Alamat : Jl.CibodasBesar -Tangerang
Nama : MuhamadLukiMukmin
Alamat : Perum 3 -Tangerang
Nama : AgusSutiaji
Alamat : Jl.CibodasBesar -Tangerang
Nama : AchmadNasrullah
Alamat : Teluknaga-Tangerang
Nama : RikiRaharja
Alamat : Kota Bumi-Tangerang
Nama : Jaenal Akbar
Alamat : Curug -Tangerang
Nama : Mery
Alamat : Jl.Cisadane–Tangerang
1.2 InformasiBisnis yang dilaksanakan
Seiringdenganperkembanganzamandanmodernisasi, gayabukanhanyasebagaipenunjangtetapisudahmerupakankebutuhanhidup. Untukmenunjanghaltersebutdibutuhkanpenampilan yang baik yang salahsatunyamembutuhkan yang namanyaparfum.Untukitulah kami mencobamencaripeluangdalambisnisparfum.
Parfumadalahcampuranminyakesensialdansenyawa aroma (aroma compound), fiksatif, danpelarut yang digunakanuntukmemberikanbauwangiuntuktubuhmanusia.Obyek, atauruangan.Jumlahdantipepelarut yang bercampurdenganminyakwangimenentukanapakahsuatuparfumdianggapsebagaiekstrakparfum, denganadanyaparfum yang kitagunakanbisasebagaisugestidarikhasseseorang, selainwanginyadapatmemikatdanmengurangibaubadan, parfumjugabisamembuat mood kitaberubahmenjadibaik.
Parfumatauparfumisiulangadalahparfum yang diraciksecaralangsungdenganmenggunakanparfum concentrate ataubibitwewangiandenganbahanpelarut yang adaseperti alcohol. Parfumadalahparfum yang di isiulang.Sangatcocokuntukanda yang ingintetapmenjagapenampilannamundenganbiaya yang sangatmurahdanterjangkau.
Kelebihanparfumyang kami jual :
· Hargajauhlebihmurah
· Kualitasdijamin 95% samadengan yang Original.
Adapunjenis item dariparfumisiulangsangatlahbanyak. Kami hanyamenjual aroma dankualitas.Jadiandamencarimerkparfum di tempat kami andatidakakanpernahmendapatkanya. Tetapijikaandamencari aroma yang menyerupaidengan aroma parfummerktertentumungkinandabisamendapatkannya.
BAB II
ANALISIS INDUSTRI
2.1 PerspektifMasaDepanIndustri
Bisnisparfumsekarangsudahbanyak di temuibisnisparaparfum di manapun.
Dari data di atasdapatdisimpulkanbahwaperkembanganbisnisparfum di Indonesia sangatmenigkatkan, selainmodalnyatidakterlalubesarkeuntungan yang di dapatsangatbesar.Selainitupermintaanparaconsumenparfum yang meningkatkarenaperbandinganharga yang jauhlebihmurahdisebandingdenganparfumasli.
2.2 AnalisaPersaingan
Dalamsebuahbisnispersainganadalahsebuahkompetisidalamduniaperbisnisan.Denganmenjamurnyabisnisparfumpadasaatinimenyebabkanketatnyapersainganantarsesamapembisnis, untukitu kami menyiasatinyadenganlebihmengutamakankualitaspelayanan.
2.3 Segmentasipasar yang dimasuki
Parfumadalahproduk yang disukaihampirsemua orang baikdarikalangananak- anak, remajaatau pun orang dewasakarenaproduknya yang menghasilkan aroma danwewangian yang enak, jadisangattidakterlalusulituntukmencarisegmenpemasarandalamprodukparfum.
2.4 Ramalan-Ramalantentangproduk yang dihasilkan
Selalu Up to date mengikutiperkembanganduniaparfuminternasionaltentangprodukbaru yang dihasilkan.
BAB III
DESKRIPSI TENTANG USAHA
3.1 Produk yang dihasilkan
Aroma parfumtidakmemproduksibibitparfumtetapi kami mengeloladaribibitparfummenjadisebuahprodukparfum.
Adapunbeberapacontohproduk yang kami hasilkan :
1. POLO SPORT
2. KASTURI
3. BULGARY LADY
4. BULGARY EXTRIM
5. CASABLANCA
6. DLL.
3.2 Jasapelayanan
Aroma parfummelayani customer dalampembelianprodukparfum.
3.3 Ruanglingkupbisnis
Penulisdalamhalinimemberikanruanglingkupdanbatasanpadapenjualan kami Aroma parfumyaitumulaidaripemilihan area penjualan, pendisplayantempat, pemilihan supplier yang berkualitasdankompetitifdanpemilihanbibitparfum yang banyakdinikmatiolehmasyarakat.Sampaidengan proses pembeliandanpenjualan.
3.4 Latarbelakangidentitaspengusaha
Para owner dari AROMA PARFUM saatinimasihberstatussebagaimahasiswadanmahasiswi di AkademikBinaSaranaInformatika.Kami mempunyailatarbelakang yang berbedadanpengalamanpekerjaan yang berbeda pula berawaldarisuatuobrolansantai, ternyata kami mempunyaipeluangkerja, makaterbentuklah yang namanya Aroma Parfum.
BAB IV
RENCANA PEMASARAN
4.1 Penetapanharga
HargajualakhirbibitparfumkepadakonsumenmulaidariRp. 1000,-sampaidenganRp. 3500,- per mil, tergantungjenisparfum. Sedangkanbotoldijualterpisahatauditotalkandenganhargaparfumnya.
4.2 Penetapanlokasi
Adapunlokasipemasarandalampenjualanparfuminiyang kami tetapkandi counter-counter handphoneataupulsa.
4.3 PelaksanaanDistribusi
Alurdistribusi Aroma parfuminidimulaidariprodusenbibitparfum yang memberikansupplaybahanbakuberupabibitparfum yang sudahsiap di olahmenjadiparfumsiappakai. Dimanauntukpemilihan supplier kami tidakhanyamempunyaisatu supplier, melainkanbeberapa supplier.Hal inidimaksudkanuntukmenghindariterjadinyakekuranganataukehabisanproduk yang banyakdiminati customer danuntukmendapatkanbibit yang terbaikdarimasing-masingprodusen.
4.4Pengembanganproduk
Selalu Up to date denganperkembanganduniaparfumdanmenawarkansetempeldariprodukterbaru kami kepadasesamapembisnisparfumdanpelanggan.
BAB V
PERENCANAAN ORGANISASI
5.1 STRUKTUR ORGANISASI
Dalamstrukturorganisasi Aroma parfum, para Owner memilikiperanan yang samadalamperkembanganusaha, hanyasajamemilikitanggungjawabmasing-masing. Inidimaksuduntukmemudahkansaatevaluasipertanggungjawabanterhadapperusahaan.
5.2 Informasitentang partner
Jalinankerjasamaantara kami selakupenjualprodukparfumdanprodusenbibitparfumadalahsystemberkelanjutan, kami salingberkaitandanmembutuhhkansatusama lain. Dalamhalinisecaratidaklangsungakanmenumbuhkansalingkepercayaanantarakeduapihak.
Pembelianbibitparfumdapatdilakukandengancarapembelian system paketatausatuantergantungkebutuhanpihaksipembeli. Biasanya system pembayarandilakukandengancara transfer atautunai.
5.3Uraiantentangkekuasaan
Berikutmerupakantugasdantanggungjawab :
A. Owner
Adalahpemimpin, pemilik.
Tugasdantanggungjawabnya :
1. Mengawasijalannya proses operasional.
2. Mengkoordinasisegalakebutuhan yang dibutuhkan.
3. Bertanggungjawabdalamkelangsunganpenjualan.
4. Mengetahuihasildarioperasionalpenjualan.
B. Marketing
1. Bertanggungjawabdalam proses pemasaranditempattersebut.
2. Menciptakansegmentasipasar yang potensialbagikeuntunganpenjualan.
3. Dituntutdapatmenguasaidanmengetahuiproduk-produkdalampenjualan.
C. Keuangaan
1. Mengendalikansirkulasikeuangan.
2. Bertanggungjawabatassetiappemasukandanpengeluarankas.
D. Logistic / Gudang
1. Bertanggungjawabpenuhatas input dan output barang.
2. Bertanggungjawabatas stock persedianbarang.
3. Melakukanpembeliandanpenyediankebutuhanbarang.
5.4Evaluasitentangkelemahanbisnis
1. Persainganpasar yang sangatketatmemungkinterjadinyapersainganharga yang tidakterlalusehat. Inimenyebabkanadutandingharga yang tidaksignifikan.
2. Distribusibibitparfummemungkinketerlambatan di karenakanlokasiprodusenbibitparfumcukupmemakanwaktu.
3. Dengankepemilikanbersamadapatterjadikonflik intern.
BAB VI
6.1 Hargabotol
BOTOL KACA ROLL 5 ML
|
Rp. 2300
|
BOTOL KACA ROLL 10 ML
|
Rp. 2400
|
BOTOL PULPEN PLASTIK 8 ML
|
Rp. 2400
|
BOTOL PULPEN PLASTIK 5 ML
|
Rp. 2400
|
6.2 Hargabibitparfum
Perfum type
|
10 Ml
|
ALPHA BLUE = RALPH LAUREN BLUE
|
Rp.15500
|
ANGEL = ANGEL LADY
|
Rp.16000
|
ANGELO = ANGEL MEN
|
Rp.18000
|
ARMEO = ARMANI MANIA MEN
|
Rp.15500
|
POLO SPORT
|
Rp.15500
|
KASTURI
|
Rp.15500
|
AQUA VENUS = AQUA DIGIO LADY
|
Rp.15500
|
AQUEL = BOSS ELEMENT AQUA
|
Rp.15500
|
BLUE DESIRO = DUNHIL DESIRE BLUE
|
Rp.16000
|
BLUE JACK = JAGUAR BLUE
|
Rp.16000
|
CASABLANCA
|
Rp.15500
|
BLUE MEN = BLV MEN
|
Rp.15500
|
BULGARUS = BULAGARI LADY
|
Rp.15500
|
BEST EMOTION = AIGNER BLUE
|
Rp.16000
|
BEST PARTNER = BEYOND PARADISE
|
Rp.15500
|
6.3Proyeksialirankas
Perkiraananalisaekonomi.
a. Modal Awal
Bibitparfum Rp. 237.000
PeralatandanPerlengkapan Rp. 100.000
b. BiayaOperasional
Biaya yang tidakterduga Rp. 50.000
Total Rp. 350.000
PerkiraanPendapatan Rp. 135.000 s/d 225.000,-.
6.4 Sumber-sumberpemodalan
Modal awaluntukmemulaiusahaini di dapatdaripenggabungan modal daripara owner masing-masingsebesarRp. 50.000 yang telah di sepakatisebelumnya.
Contohbotol
BAB VII
PENUTUP
7.1 Kesimpulan
Aroma parfumadalahsebuahusahakecil yang bergerak di bidangpenjualanproduk yang di jualberupaparfum.
Parfumadalahparfumisiulang yang di dapatdarikomposisibibitparfumdan alcohol dancampuranlainnya.Pemilihanbisnisparfumsangatmenguntungkan, selainharganya yang murahkualitasdanaromanyaantara yang aslitidakterlalubedadanjugapermintaanpasar yang lumayan.
Sistemkepemilikandalm aromaparfumadalahsistemkepemilikanbersama.
Yang dimaksudkepemilikanbersamaadalahkepemilikansebuahusahalebihdarisatu orang.Sisteminimempunyaibeberapakeuntungan, di antaranya :
1. Persiapan modal yang tidakterlalubesar.
2. Lebihcepatberkembang di karenakantidakhanyasatupemikirandalammeningkatkanpengembanganusaha.
Untukpermasalahansegmenpasartidaklahsulit ,karenaproduk yang kami jualadalahparfum yang hamper di sukaiolehsemuakalanganbaikdarianak-anak, remaja, sampai orang dewasa.
Kami tidakmembuatbibitparfum, tetapimengeloladaribibitparfummenjadiparfum yang siappakai.
LAMPIRAN
Thx Atas Posting Na Sob Yang Sangat membantu
BalasHapussama-sama gan....
HapusThanks cukup membantu pembuatan makalah kami
BalasHapusok gan....
HapusMeskipun puyeng baca tulisan yang sebagian ga ada spacenya :D , tp maacih krangkanya :D
BalasHapusmakasih ni membatu wat kami semua
BalasHapus:)
makasih gan buat makalahnya :v
BalasHapusthank's gan,,, bwat psting'a
BalasHapuspunya contoh makalah yang membuat usaha sendiri ga..?
BalasHapusbukan yg riset