Senin, 03 Oktober 2011

Makalah ENTREPRENEURSHIP


AROMA PARFUM





TUGAS
ENTREPRENEURSHIP
Diajukan untuk memenuhi mata entrepreneurship
pada program Diploma Tiga (D.III)
Agus Sutiaji     (12090207)
M.Luki Mukmin           (12090221)
M.Habibullah  (12090214)
Jaenal Akbar   (12090213)
Achmad Nasrullah      (12090255)
Riki Raharja    (12090210)
Mery   (12091688)

Jurusan Manajemen Informatika
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika
Tangerang
2011
                                                                                                                               
                                                    
KATA PENGANTAR

                Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya,sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah entrepreneurship dengan baik. Dimana tugas ini penulis sajikan dalam bentuk buku yang sederhana. Adapun judul penulisan makalah entrepreneurship ini,yang penulis ambil adalah sebagai berikut :
AROMA PARFUM
            Tujuan penulisan makalah entrepreneurship ini dibuat salah satu syarat kelulusan mata kuliah entrepreneurship Jurusan Menejemen Informatika (Amik BSI.). Penulis menyadari tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak,maka penulisan ini tidak akan lancar. Oleh karena itu,pada kesempatan ini izinkanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
  1. Ibu Ririn, selaku dosen Entrepreneurship.
  2. Kedua orangtua kami dan keluarga kami tercinta yang telah memberikan dukungan baik secara moral dan materil maupun spritual.
  3. Dan semua pihak yang turut membantu secara langsung dan tidak langsung yang tidak dapat disebutkan satu persatu tanpa mengurangi besar rasa terima kasih dan hormat saya.
Akhir kata penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pihak yang membantu meskipun penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penulis mohon saran dan kritik yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan di masa yang akan datang.
Akhir kata semoga penulisan makalah ini dapat berguna bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.
Atas perhatiannya penulis mengucapkan banyak terimakasih .




Tangerang, 6 Juni 2011



DAFTAR ISI

                                                                                                                                                                                                     Hal
Lembar Judul Entrepreneurship…………………………………………………………………         i
Kata Pengantar…………………………………………………………………………………..          ii

BAB I. PENDAHULUAN
1.1. Nama Dan Alamat Pemilik……………………………………………………………………………………….         1
1.2. Informasi Bisnis Yang Dilakukan…………………………………………………………………………………….        2

BAB II. ANALISA INDUSTRI
2.1.             Perspektif Masa Depan Industri……………………………………………………          3
2.2.             Analisa Persaingan…………………………………………………………………..         3
2.3.             Segmentasi Pasar Yang Dimasuki………………………………………………….          3
2.4.             Ramalan – Ramalan Tentang Produk Yang Dihasilkan…………………………..          3

BAB III. DESKRIPSI TENTANG USAHA
3.1.             Produk Yang Dihasilkan……………………………………………………………         4
3.2.             Jasa Pelayanan………………………………………………………………………         4
3.3.             Ruang Lingkup Bisnis………………………………………………………………..         4
3.4.             Latar Belakang Identitas Pengusaha………………………………………………..          4

BAB IV. RENCANA PEMASARAN
4.1.             Penetapan Harga……………………………………………………………………………………………..         5
4.2.             Penetapan Lokasi………………………………………………………………………………………….          5
4.3.             Pelaksanaan Distribusi……………………………………………………………………………………….          5
4.4.             Pengembangan Produk…………………………………………………………………………………………          5

BAB V. PERENCANAAN ORGANISASI
5.1.             Struktur Organisasi………………………………………………………………………………………..         6
5.2.             Informasi Tentang Partner…………………………………………………………………………………………….         6
5.3.             Uraian Tentang Partner……………………………………………………………………………………………         6
5.4.             Evaluasi Tentang Kelemahan Bisnis……………………………………………………………………………….         7

BAB VI. PERENCANAAN MODAL USAHA
6.1.             Harga Botol………………………………………………………………………………………………         8
6.2.             Harga Bibit Parfum…………………………………………………………………………………………..            8
6.3.             Proyeksi Aliran Kas……………………………………………………………………………………………..           8
6.4.             Sumber – Sumber Pemodalan………………………………………………………………………………………           9


BAB VII. PENUTUP
7.1.             Kesimpulan……………………………………………………………………………………            10

LAMPIRAN………………………………………………………………………………………… 11



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  NamadanAlamatPemilik
Nama                                : MuhamadHabibullah
Alamat                              : Jl.CibodasBesar -Tangerang

Nama                                : MuhamadLukiMukmin
Alamat                              : Perum 3 -Tangerang

Nama                                : AgusSutiaji
Alamat                              : Jl.CibodasBesar -Tangerang

Nama                                : AchmadNasrullah
Alamat                              : Teluknaga-Tangerang

Nama                                : RikiRaharja
Alamat                              : Kota Bumi-Tangerang

Nama                                : Jaenal Akbar
Alamat                              : Curug -Tangerang

Nama                                : Mery
Alamat                              : Jl.Cisadane–Tangerang




1.2  InformasiBisnis yang dilaksanakan
Seiringdenganperkembanganzamandanmodernisasi, gayabukanhanyasebagaipenunjangtetapisudahmerupakankebutuhanhidup. Untukmenunjanghaltersebutdibutuhkanpenampilan yang baik yang salahsatunyamembutuhkan yang namanyaparfum.Untukitulah kami mencobamencaripeluangdalambisnisparfum.
            Parfumadalahcampuranminyakesensialdansenyawa aroma (aroma compound), fiksatif, danpelarut yang digunakanuntukmemberikanbauwangiuntuktubuhmanusia.Obyek, atauruangan.Jumlahdantipepelarut yang bercampurdenganminyakwangimenentukanapakahsuatuparfumdianggapsebagaiekstrakparfum, denganadanyaparfum yang kitagunakanbisasebagaisugestidarikhasseseorang, selainwanginyadapatmemikatdanmengurangibaubadan, parfumjugabisamembuat mood kitaberubahmenjadibaik.
            Parfumatauparfumisiulangadalahparfum yang diraciksecaralangsungdenganmenggunakanparfum concentrate ataubibitwewangiandenganbahanpelarut yang adaseperti alcohol. Parfumadalahparfum yang di isiulang.Sangatcocokuntukanda yang ingintetapmenjagapenampilannamundenganbiaya yang sangatmurahdanterjangkau.

Kelebihanparfumyang kami jual        :
·         Hargajauhlebihmurah
·         Kualitasdijamin 95% samadengan yang Original.
Adapunjenis item dariparfumisiulangsangatlahbanyak. Kami hanyamenjual aroma dankualitas.Jadiandamencarimerkparfum di tempat kami andatidakakanpernahmendapatkanya. Tetapijikaandamencari aroma yang menyerupaidengan aroma parfummerktertentumungkinandabisamendapatkannya.





BAB II
ANALISIS INDUSTRI

2.1 PerspektifMasaDepanIndustri
     Bisnisparfumsekarangsudahbanyak di temuibisnisparaparfum di manapun.
Dari data di atasdapatdisimpulkanbahwaperkembanganbisnisparfum di Indonesia sangatmenigkatkan, selainmodalnyatidakterlalubesarkeuntungan yang di dapatsangatbesar.Selainitupermintaanparaconsumenparfum yang meningkatkarenaperbandinganharga yang jauhlebihmurahdisebandingdenganparfumasli.

2.2 AnalisaPersaingan
Dalamsebuahbisnispersainganadalahsebuahkompetisidalamduniaperbisnisan.Denganmenjamurnyabisnisparfumpadasaatinimenyebabkanketatnyapersainganantarsesamapembisnis, untukitu kami menyiasatinyadenganlebihmengutamakankualitaspelayanan.

2.3 Segmentasipasar yang dimasuki
            Parfumadalahproduk yang disukaihampirsemua orang baikdarikalangananak- anak, remajaatau pun orang dewasakarenaproduknya yang menghasilkan aroma danwewangian yang enak, jadisangattidakterlalusulituntukmencarisegmenpemasarandalamprodukparfum.

2.4 Ramalan-Ramalantentangproduk yang dihasilkan
            Selalu Up to date mengikutiperkembanganduniaparfuminternasionaltentangprodukbaru yang dihasilkan.





BAB III
DESKRIPSI TENTANG USAHA

3.1  Produk yang dihasilkan
Aroma parfumtidakmemproduksibibitparfumtetapi kami mengeloladaribibitparfummenjadisebuahprodukparfum.
Adapunbeberapacontohproduk yang kami hasilkan  :
1.      POLO SPORT
2.      KASTURI
3.      BULGARY LADY
4.      BULGARY EXTRIM
5.      CASABLANCA
6.      DLL.

3.2  Jasapelayanan
Aroma parfummelayani customer dalampembelianprodukparfum.

3.3  Ruanglingkupbisnis
Penulisdalamhalinimemberikanruanglingkupdanbatasanpadapenjualan kami Aroma parfumyaitumulaidaripemilihan area penjualan, pendisplayantempat, pemilihan supplier yang berkualitasdankompetitifdanpemilihanbibitparfum yang banyakdinikmatiolehmasyarakat.Sampaidengan proses pembeliandanpenjualan.

3.4 Latarbelakangidentitaspengusaha
Para owner dari AROMA PARFUM saatinimasihberstatussebagaimahasiswadanmahasiswi di AkademikBinaSaranaInformatika.Kami mempunyailatarbelakang yang berbedadanpengalamanpekerjaan yang berbeda pula berawaldarisuatuobrolansantai, ternyata kami mempunyaipeluangkerja, makaterbentuklah yang namanya Aroma Parfum.

BAB IV
RENCANA PEMASARAN

4.1 Penetapanharga

            HargajualakhirbibitparfumkepadakonsumenmulaidariRp. 1000,-sampaidenganRp. 3500,- per mil, tergantungjenisparfum. Sedangkanbotoldijualterpisahatauditotalkandenganhargaparfumnya.

4.2 Penetapanlokasi
           
            Adapunlokasipemasarandalampenjualanparfuminiyang kami tetapkandi counter-counter handphoneataupulsa.

4.3 PelaksanaanDistribusi

            Alurdistribusi Aroma parfuminidimulaidariprodusenbibitparfum yang memberikansupplaybahanbakuberupabibitparfum yang sudahsiap di olahmenjadiparfumsiappakai. Dimanauntukpemilihan supplier kami tidakhanyamempunyaisatu supplier, melainkanbeberapa supplier.Hal inidimaksudkanuntukmenghindariterjadinyakekuranganataukehabisanproduk yang banyakdiminati customer danuntukmendapatkanbibit yang terbaikdarimasing-masingprodusen.

4.4Pengembanganproduk
            Selalu Up to date denganperkembanganduniaparfumdanmenawarkansetempeldariprodukterbaru kami kepadasesamapembisnisparfumdanpelanggan.



BAB V
PERENCANAAN ORGANISASI


5.1 STRUKTUR ORGANISASI


 















     Dalamstrukturorganisasi Aroma parfum, para Owner memilikiperanan yang samadalamperkembanganusaha, hanyasajamemilikitanggungjawabmasing-masing. Inidimaksuduntukmemudahkansaatevaluasipertanggungjawabanterhadapperusahaan.

5.2 Informasitentang partner
     Jalinankerjasamaantara kami selakupenjualprodukparfumdanprodusenbibitparfumadalahsystemberkelanjutan, kami salingberkaitandanmembutuhhkansatusama lain. Dalamhalinisecaratidaklangsungakanmenumbuhkansalingkepercayaanantarakeduapihak.
     Pembelianbibitparfumdapatdilakukandengancarapembelian system paketatausatuantergantungkebutuhanpihaksipembeli. Biasanya system pembayarandilakukandengancara transfer atautunai.

5.3Uraiantentangkekuasaan
     Berikutmerupakantugasdantanggungjawab :
A.    Owner
Adalahpemimpin, pemilik.
Tugasdantanggungjawabnya :
1.      Mengawasijalannya proses operasional.
2.      Mengkoordinasisegalakebutuhan yang dibutuhkan.
3.      Bertanggungjawabdalamkelangsunganpenjualan.
4.      Mengetahuihasildarioperasionalpenjualan.
B.    Marketing                                                                         
1.      Bertanggungjawabdalam proses pemasaranditempattersebut.
2.      Menciptakansegmentasipasar yang potensialbagikeuntunganpenjualan.
3.      Dituntutdapatmenguasaidanmengetahuiproduk-produkdalampenjualan.
C.      Keuangaan
1.      Mengendalikansirkulasikeuangan.
2.      Bertanggungjawabatassetiappemasukandanpengeluarankas.
D.     Logistic / Gudang
1.      Bertanggungjawabpenuhatas input dan output barang.
2.      Bertanggungjawabatas stock persedianbarang.
3.      Melakukanpembeliandanpenyediankebutuhanbarang.

5.4Evaluasitentangkelemahanbisnis
1.      Persainganpasar yang sangatketatmemungkinterjadinyapersainganharga yang tidakterlalusehat. Inimenyebabkanadutandingharga yang tidaksignifikan.
2.      Distribusibibitparfummemungkinketerlambatan di karenakanlokasiprodusenbibitparfumcukupmemakanwaktu.
3.      Dengankepemilikanbersamadapatterjadikonflik intern.






BAB VI
PERENCANAAN MODAL USAHA


6.1 Hargabotol
BOTOL KACA ROLL 5 ML
Rp. 2300
BOTOL KACA ROLL 10 ML
Rp. 2400
BOTOL PULPEN PLASTIK 8 ML
Rp. 2400
BOTOL PULPEN PLASTIK 5 ML
Rp. 2400
6.2 Hargabibitparfum
Perfum type
10 Ml
ALPHA BLUE = RALPH LAUREN BLUE
Rp.15500
ANGEL = ANGEL LADY
Rp.16000
ANGELO = ANGEL MEN
Rp.18000
ARMEO = ARMANI MANIA MEN
Rp.15500
POLO SPORT
Rp.15500
KASTURI
Rp.15500
AQUA VENUS = AQUA DIGIO LADY
Rp.15500
AQUEL = BOSS ELEMENT AQUA
Rp.15500
BLUE DESIRO = DUNHIL DESIRE BLUE
Rp.16000
BLUE JACK = JAGUAR BLUE
Rp.16000
CASABLANCA
Rp.15500
BLUE MEN = BLV MEN
Rp.15500
BULGARUS = BULAGARI LADY
Rp.15500
BEST EMOTION = AIGNER BLUE
Rp.16000
BEST PARTNER = BEYOND PARADISE
Rp.15500

6.3Proyeksialirankas
Perkiraananalisaekonomi.
a.      Modal Awal
Bibitparfum                                                                                    Rp. 237.000
PeralatandanPerlengkapan                                                            Rp. 100.000
b.      BiayaOperasional
Biaya yang tidakterduga                                                                Rp. 50.000
Total                                                                                               Rp. 350.000
PerkiraanPendapatan                                                                     Rp. 135.000 s/d 225.000,-.
6.4 Sumber-sumberpemodalan
            Modal awaluntukmemulaiusahaini di dapatdaripenggabungan modal daripara owner masing-masingsebesarRp. 50.000 yang telah di sepakatisebelumnya.

Contohbotol



















BAB VII
PENUTUP

     7.1 Kesimpulan
     Aroma parfumadalahsebuahusahakecil yang bergerak di bidangpenjualanproduk yang di jualberupaparfum.
     Parfumadalahparfumisiulang yang di dapatdarikomposisibibitparfumdan alcohol dancampuranlainnya.Pemilihanbisnisparfumsangatmenguntungkan, selainharganya yang murahkualitasdanaromanyaantara yang aslitidakterlalubedadanjugapermintaanpasar yang lumayan.
     Sistemkepemilikandalm aromaparfumadalahsistemkepemilikanbersama.
Yang dimaksudkepemilikanbersamaadalahkepemilikansebuahusahalebihdarisatu orang.Sisteminimempunyaibeberapakeuntungan, di antaranya :
1.      Persiapan modal yang tidakterlalubesar.
2.      Lebihcepatberkembang di karenakantidakhanyasatupemikirandalammeningkatkanpengembanganusaha.
     Untukpermasalahansegmenpasartidaklahsulit ,karenaproduk yang kami jualadalahparfum yang hamper di sukaiolehsemuakalanganbaikdarianak-anak, remaja, sampai orang dewasa.
     Kami tidakmembuatbibitparfum, tetapimengeloladaribibitparfummenjadiparfum yang siappakai.                









LAMPIRAN



9 komentar:

  1. Thx Atas Posting Na Sob Yang Sangat membantu

    BalasHapus
  2. Thanks cukup membantu pembuatan makalah kami

    BalasHapus
  3. Meskipun puyeng baca tulisan yang sebagian ga ada spacenya :D , tp maacih krangkanya :D

    BalasHapus
  4. makasih ni membatu wat kami semua
    :)

    BalasHapus
  5. punya contoh makalah yang membuat usaha sendiri ga..?
    bukan yg riset

    BalasHapus